Kamis, 24 Oktober 2013

Penerjemah Tersumpah Bahasa Cina

penerjemah tersumpah
Penerjemah tersumpah, Hubungan bilateral antara Indonesia dengan china sudah lama terjalin, sejak tahun 1950an. Dan saat ini hubungan tersebut semakin erat saja, ditandai dengan banyaknya produk- produk hasil negeri tersebut berada dipasaran Indonesia mulai dari peniti hingga kendaraan bermotor. Dari pakaian hingga gadget yang selalu menempel ditangan laksana perangko.
Dengan hubungan bilateral tersebut, kerjasama antar perusahaan indonesia - china, kerjasama antar pemerintahan, sosial dan budaya serta pariwisata yang ada dan tidak semuanya mempunyai kemampuan berbahasa china dengan baik, apalagi bahasa china juga mempunyai banyak anak bahasa ( logat - dialek daerah) yang berbeda - beda. Peluang yang nyata dan sangat bagus untuk seorang penerjemah tersumpah bahasa china. Hubungan Indonesia dan China semakin meningkat sejak kedua pimpinan negara menandatangani kemitraan strategis pada April 2005.

Kunci sukses menjadi penerjemah tersumpah profesional.


  • mempunyai kemampuan berbahasa asing dengan baik

Mempunyai kemampuan berbahasa asing tidak harus diperoleh dari pendidikan formal, meskipun dengan pendidikan formal yang ada membuat kemampuan menjadi lebih baik dan lebih diakui dengan adanya ijazah yang dikeluarkannya. 
  • Seperti pekerjaan yang lainnya, dibutuhkan juga sebuah bakat meskipun tidak mutlak.

Bakat disini lebih pada bakat menulis, menyusun kalimat-kalimat baru dengan padanan kata yang pas dan luwes tanpa mengurangi makna sebenarnya dari bahasa aslinya.
  • Pengalaman adalah guru yang terbaik

Pengalaman yang banyak akan membuat semakin bagus dan fasih dalam menerjemahkan. 
  • Memahami Bidang Keterampilan Dalam Menerjemahkan

Seorang penerjemah tersumpah yang baik akan mampu memahami bidang keterampilan yang di kuasainya dan tidak memaksakan diri untuk menerjemahkan bidang lain yang tidak dikuasainya. 

Penerjemah tersumpah bahasa china dibedakan menjadi 2 yakni penerjemah dokumen dan penerjemah lisan atau interpreter. Kedua jenis penerjemah tersebut saat ini banyak mengisi berbagai macam sektor pekerjaan seperti perusahaan pertambangan, perusahaan migas, perbankan, kantor akuntan, perusahaan manufaktur, perwakilan badan dunia, kedutaan besar, maupun penerbit buku.

Jangan ragu menjadi seorang penerjemah tersumpah bahasa china, sebab peluang dalam bidang tersebut masih sangat terbuka dan bisa semakin berkembang seiring dengan perkembangan hubungan kedua negara. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar