Minggu, 13 Oktober 2013

Penerjemah Tersumpah di Indonesia


penerjemah tersumpah
Jasa penerjemah tersumpah sangat penting untuk melancarkan komunikasi antar 2 negara ataupun 2 orang yang mempunyai bahasa nasional yang berbeda yang tidak saling menguasai bahasa masing- masing. Selain menerjemahkan percakapan langsung, mereka juga melayani penerjemahan tulisan atau dokumen seperti, buku-buku manual dari berbagai disiplin ilmu, brosur, surat, dokumen-dokumen perusahaan, seperti, laporan keuangan, akta pendirian perusahaan, anggaran dasar,  serta dokumen dokumen penting lainnya seperti akta kelahiran, akta pernikahan, raport, ijazah, transcript dan lain sebagainya.

Selain dokumen - dokumen penting yang bersifat resmi, jasa penerjemah tersumpah juga melayani penerjemahan novel, komik, naskah, artikel dan semua bentuk tulisan lainnya.


Perbedaan utama dari penerjemah tersumpah di indonesia dengan penerjemah biasa adalah penerjemah tersumpah sudah memiliki ijin untuk menerjemahkan dokumen resmi seperti yang disebutkan diatas. Tidak ada pendidikan khusus unutk menjadi seorang penerjemah tersumpah, namun siapapun yang ingin memiliki ijin dan berprofesi sebagai penerjemah tersumpah maka mereka  harus lulus tes yang diadakan di Universitas Indonesia. Hanya mereka yang sudah lulus ujian dan sudah diresmikan sebagai seorang penerjemah tersumpah yang berhak dan diakui untuk menerjemahkan dokumen resmi.

Memilih penerjemah tersumpah di indonesia ada beberapa tips yang bisa diterapkan, 


Pertimbangkan Kualitas Penerjemah Yang dimaksud kualitas jasa penerjemah di sini bukanlah sekedar kemampuan mengartikan kalimat dari satu bahasa ke bahasa lain, melainkan kemampuan dalam hal menerjemahkan istilah-istilah teknis yang berkaitan dengan tema proyek perusahaan. Dalam hal ini, sangat penting untuk meneliti portofolio sang penerjemah atau lembaga penerjemah yang akan disewa untuk melihat kesesuaiannya dengan jenis proyek perusahaan. Jika proyek perusahaan memiliki skala cukup besar, ada baiknya memilih jasa penerjemah dari penerjemah yang telah memiliki kualifikasi resmi, misalnya sertifikat resmi sebagai penerjemah bersumpah. Jika anda memilih penerjemah dari sebuah lembaga, pastikan lembaga tersebut memiliki sertifikasi seperti ISO dan sertifikasi lain yang berlaku di negara tempat lembaga tersebut berada. Jika penerjemah yang disewa merupakan penerjemah tertulis, pastikan juga bahwa jasa penerjemah tersumpah di indonesia yang anda pilih memiliki sistem penyuntingan dan proofreader yang berkualitas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar